Home > Catatan & Renungan, Informasi, Pindahan, Tips Tutorial > Cara Transfer & Edit rekaman Handycam DVD

Cara Transfer & Edit rekaman Handycam DVD


Kemarin Istri saya dapat tugas/kerjaan buat mentransfer/mengedit hasil rekaman kegiatan kantor, karena hal ini udah sering di lakukan (biasa transfer plus edit hasil rekaman sendiri) maka tugas itu di terima dengan mantaBB :)

Tapi, ternyata yang di kasih bukannya kaset miniDV melainkan DVD-R berukuran kecil, ini berarti handycam yg digunakan adalah handycam DVD (handycam yang merekam langsung ke media DVD berukuran kecil dan bukan berbentuk kaset seperti biasanya), padahal sebelumnya belum pernah mentransfer/edit hasil rekaman dari handycam DVD.

Dengan rasa penasaran, Bunda coba transfer dengan cara biasa yaitu dengan software Adobe Premier, dah hasilnya gagal. karena di Premier tidak ada opsi untuk mentransfer dari media DVD, melainkan harus dari handycamnya langsung. Kemudian timbul inisiatif untuk merubah (convert) format rekaman DVD (.VOB) ke dalam format AVI standar, agar bisa di baca oleh premier, tapi cara ini pun gagal, karena hasil perubahan (convert) tidak bisa di baca dengan baik oleh Premier.

Trus gimana donk cara transfer dari handycam dvd???

Satu-satunya jalan adalah bertanya sama om google, “Gimana sih om cara mentransfer & mengedit rekaman handycam DVD?” dan setelah mengajukan beberapa pertanyaan akhirnya di dapatkan petunjuk bahwa ada software yang bisa melakukannya ……… dia adalah…….. “SONY VEGAS” (mungkin aja ada software lainnya, tapi kebetulan aja ketemunya si “VEGAS” ini) adalah software editing video seperti juga Adobe Premier tapi beda produsennya, dari namanya saja sudah keliatan siapa yg punya :)

Download dimulai……… 1…2…3…4…5….1000 dst…. selesai :)

Perlu beberapa jam untuk mempelajari si “VEGAS” ini, dan ternyata lebih mudah di bandingkan si “Premier” (ini pendapat pribadi loh). Kalau di bandingkan, untuk proses menghapus bagian yang tidak kita inginkan, si “VEGAS” hanya membutuhkan 1 tombol saja, dan itupun sudah plus transisinya (efek perpindahan antara 1 frame ke frame lainnya) dibandingkan si “Premier” yang membutuhkan lebih dari 1 tombol dan 1 klik.

Kesimpulan saya, “VEGAS” lebih mudah penggunaannya di bandingkan dengan si “Premier” (Untuk proses editing sederhana, kalau untuk fiturnya saya belum terlalu mendalami baik untuk Premier maupun VEGAS). Tapi si “VEGAS” ini juga mempunyai kekurangan…… yaitu Loadingnya yg lama dan sepertinya membutuhkan  extra memori (memory PC saya cuma 1GB, si “Premier” nggak selama si “VEGAS”) :)

Oke deh…. selamat bertransfer dan beredit ria…. :)

*) instalasi VEGAS membutuhkan Microsoft .NET 2 Framework.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: