Home > Informasi, Oprek > Antivirus ClamAV penyebab telkomflash saya mati???

Antivirus ClamAV penyebab telkomflash saya mati???


Hari ini Internet telkomflash saya mati, tidak bisa browsing sama sekali, padahal modem sudah terhubung tapi kalau di lihat aktifitas networknya via system monitor adem ayem aja.Prosedur standar sudah dilakukan, dari mulai restart, cabut & pasang kembali modem, hingga setting ulang modem, kebetulan saya menggunakan Ubuntu.

Dulu pernah juga ada kejadian seperti ini, setelah di selidiki ternyata ada sms di modem yang harus di download dulu ke laptop baru modem bisa kembali beraksi, untuk download smsnya saya gunakan software bawaan modem via windows. Tapi kali ini berbeda, modem juga sudah saya pasang di windows dan ternyata tidak ada sms di modem, internetpun bisa berjalan baik di windows. Ini berarti masalah ada pada os ubuntu dan seingat saya, saya tidak pernah melakukan update dan instalasi program dalam sebulan ini.

Karena rasa penasaran saya tak kunjung padam, kembali saya login ke ubuntu untuk mencari tahu masalah yang terjadi, setelah cek sana dan sek sini, utak sana dan utak sini, saya baru teringat….. bahwa saya pernah menginstall antivirus ClamAV, tapi itu sudah lama sekali (saya gunakan untuk mengecek virus di flashdisk, walaupun di ubuntu virus-virus tersebut tidak berpengaruh), dan sejauh ini tidak ada masalah dengan antivirus tersebut. Akhirnya saya coba uninstall ClamAV dan di lanjutkan dengan mendial modem, hasilnya sungguh membuat saya tersenyum….. karena internet telkomflash saya bisa jalan lagi…🙂

NB: Mungkin si ClamAV melakukan update secara diam-diam, dan kali ini di membuat kesalahan sehingga tergusur dari laptop saya😀

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

